Cara Memulai Desain Dengan Photoshop - Tutorial Pemula

Selamat beraktifitas sahabat DC, bagaimana masih semangat dalam belajar desain bukan? Kali ini Dokter Corel akan berbagi tutorial dasar menggunakan Aplikasi Photoshop. Kalau kemarin kita sudah membagikan Tutorial mengenal aplikasi photoshop, kali ini kita akan mulai masuk praktik dasar bagaimana proses dari awal menggunakan photoshop. Pada dasarnya photoshop adalah aplikasi untuk mengedit dan memanipulasi gambar foto. Berbeda dengan Corel yang basicnya adalah desain vektor.

Kenapa kita harus bisa mengoperasikan Aplikasi Photoshop ? Apa manfaat yang kita dapat? Perlu kita sadari bahwa kebutuhan akan media grafis dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Dulu seorang yang ingin memasarkan produknya hanya bisa membuat desain kemasan yang terbatas, berbeda dengan saat ini, desain kemasan produk apa saja sekarang dituntut untuk sebaik mungkin dengan menggunakan aplikasi apapun dengan kecanggihannya masing-masing. Nah aplikasi Photoshop adalah aplikasi yang menurut saya istiqomah dalam pembuatan media semacam itu. Jadi jika kita saat ini belajar Photoshop adalah hal yang tepat untuk menjadi bagian dari perkembangan dunia teknologi tersebut.

Selain itu, dalam penerapan sehari-hari, kita pasti terbantu dengan adanya aplikasi Photoshop. Contoh hal yang sering kita hadapi adalah "EDIT FOTO KTP". Pengalaman yang saya sering hadapi, banyak teman bahkan saudara yang meminta bantuan untuk sekedar mengedit background Foto untuk foto KTP, Foto untuk ijab qobul, dll. Nah dari situlah peluang berdatangan. Kita bisa mengedit foto dan mencetaknya dengan biaya yang wajar dengan harga pasaran. Manfaat mempelajari Photoshop tidak hanya sebatas itu sob. masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan, tentunya kita juga harus selalu belajar agar ilmu desain kita semakin mahir dan banyak job atau pesanan yang berdatangan.

Tutorial ini untuk semua yang baru mulai belajar desain. Jadi dengan tutorial ini semoga bisa membantu melancarkan semua dalam mempelajari aplikasi photoshop.

Cara mebuat dokumen baru (layer baru) pada aplikasi photoshop :

1. Langkah Pertama buka aplikasi Photoshop.


2. Pilih menu "FILE" yang terletak disebelah kiri atas Aplikasi Photoshop kemudian pilih "NEW"

3. Setelah itu muncul dialog box seperti gambar di bawah ini : 

Keterangan :
  • Kotak merah nomor 1 menunjukkan nama dari proyek kita / nama file desain kita. Untuk kolom nama ini diisi sesuai dengan keinginan kita. 
  • Kotak merah nomor 2 menunjukkan ukuran Canvas / layar kerja kita. Jika kita kesulitan mengatur ukuran dengan menggunakan satuan pixels, bisa kita rubah satuannya menjadi Inchi, cm atau milimeter karena disitu merupakan pilihan.
  • Kotak merah nomor 3 menunjukkan ukuran resolusi gambar dan mode warna yang kita inginkan.
Setelah semua field telah kkita isi, kemudian klik "OK" untuk masuk pada layer yang telah kita buat tadi. Sehingga tampilan layar kita akan muncul seperti ini :




Demikian tadi tutorial bagaimana kita memulai desain dengan aplikasi photoshop, mengoperasikan photoshop, dan membuka dokumen baru pada photoshop. Dan jangan lupa share artikel ini biar bisa bermanfaat untuk yang lainnya dan jangan lupa komentar atau saran untuk pengembangan laman ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memulai Desain Dengan Photoshop - Tutorial Pemula"

Post a Comment