Cara Membuat Tulisan Teks Pada Corel Draw - Tutorial Pemula

Selamat beraktifitas reader dokter corel, masih semangatkan belajar desain grafisnya? Sudah sampai manakah kemampuan kalian dalam berdesain ria? Pada kesempatan kali ini Dokter Corel ingin berbagi sedikit tutorial dasar Aplikasi Corel Draw, yaitu tutorial bagaimana cara menulis huruf, kalimat atau teks pada Corel. 

Sebelum melangkah lebih lanjut, perlu diketahui bahwa jenis teks pada Aplikasi Corel Draw terdiri dari 2 jenis, yaitu :

  1. Teks Artistik
  2. Teks paragraf

Agar lebih mudah memahami perbedaan jenis teks artistik dengan teks paragraf coba perhatikan gambar berikut : 
Pada gambar di atas terlihat 2 jenis bentuk teks yang berbeda, Teks yang pertama (atas) merupakan jenis teks artistik sedangkan teks kedua (bawah) merupakan teks paragraf.
  1. Teks Artistik adalah jenis teks yang biasanya digunakan untuk membuat tulisan singkat satu baris saja. Kelebihan jenis teks ini adalah teks bisa diberikan berbagai macam efek , seperti efek bayangan, contour, teks 3D, dll
  2. Teks paragraf adalah jenis teks yang biasanya digunakan untuk membuat paragraf panjang. Jika kita menulis dengan teks paragraf ini biasanya akan muncul sebuah kotak frame tempat kita mengetik teks. Kelemahan teks tidak leluasa bisa diberi efek dan format per huruf seperti teks artistik.
Begitulah fungsi dari 2 jenis teks yang ada pada Aplikasi Corel Draw. Jadi tinggal sesuai kebutuhan saja kita pilih teks yang mana agar langkah desain kita lebih efektif. Nah sekarang kita melangkah ke bagaimana cara untuk menulis teks pada Corel Draw.

Langkah menulis teks pada corel antara lain :
  1. Klik icon Teks Tool atau tekan tombol (F8)
  2. Jika kalian ingin menulis teks artistik setelah klik Teks toll cukup langsung klik pada lembar kerja dan langsung bisa menulis teks yang kita inginkan
  3. Namun jika kita ingin menulis jenis teks paragraf, setelah klik Teks Tool kemudian Klik kiri dan drag mouse membentuk frame kotak sesuai kebutuhan paragraf , gambar seperti di bawah ini Setelah itu kita bisa menulis teks di dalam kotak frame tersebut.

CARA MEMBUAT TULISAN TEKS LINGKARAN / MELENGKUNG (STEMPEL)

Cara membuat teks atau tulisan melingkar atau tulisan melengkung seperti pada stempel sebetulnya mudah sekali. Dalam membuat teks melengkung menggunakan jenis tulisan teks artistik. Jangan khawatir sob, di sini akan dokter corel jelaskan secara rinci dan urut langkah-langkah membuat tulisan melengkung atau melingkar layaknya tulisan stempel. Berikut langkah-langkahnya : 

CARA 1 :

  1. Buatlah objek lingkaran atau lengkungan sesuai kebutuhan tulisan. Kalau belum paham cara membuat objek lingkaran silahkan kunjungi tutorial menggambar objek dengan menggunakan Corel Draw.
  2. Ketik Teks yang akan dibuat melengkung
  3. KliK Pada teks dengan pick tool
  4. Kemudian pilih menu “teks” pada menu bar yang terletak di atas aplikasi corel
  5. Pilih “ Fit Teks To Path
  6. Kemudian arahkan “Anak Panah” menuju pada lingkaran atau lengkungan tadi.



CARA KE-2 :
  1. Buatlah objek lingkaran atau lengkungan sesuai kebutuhan tulisan.
  2. Pada tolbox pilih Teks tool (icon huruf A)
  3. Klik tepat pada garis lingkaran dan ketik tulisan yang diinginkan
  4. Kemudian untuk mengedit tulisan tersebut klik property bar yang muncul di atas are kerja, sperti pada gambar berikut :






  • Teks orientation berfungsi untuk mengatur arah teks atau tulisan.D
  • DistanceFrom Path berfungsi untuk mengatur jarak tulisan dengan garis lengkung lingkaran.M
  • MirrorTeks berfungsi membuat teks berbalik.

Demikian artikel tentang bagaimana cara membuat tulisan teks pada Corel Draw, semoga dapat mempermudah kita dalam belajar desain grafis. Jangan lupa share artikel ini kepada yang lain agar manfaatnya merambah kepada teman-teman kita yang lagi belajar desain juga. Dan jangan lupa tinggalkan saran atau komentar pada kolom komentarnya ya sob....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Tulisan Teks Pada Corel Draw - Tutorial Pemula"

Post a Comment